Pengumuman Penerimaan Peserta PPG SM-3T Tahun 2017

Program SM-3T
 sumber gambar: onepoin.co.id

Enam bulan penantian telah berlalu pasca pengabdian selama setahun bagi peserta Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) tahun 2015. Sesuai kontrak perjanjian yang telah disepakati, mereka akan menerima beasiswa untuk meneruskan program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Program ini selain mencetak calon guru profesional, juga memberikan imbalan  bagi para pengabdi pelosok negeri berupa sertifikasi guru dan gelar guru profesional (.Gr).

Memasuki awal bulan Februari 2017 menjadi saat yang dinanti-nanti alumni SM-3T tahun 2015. Dikeluarkannya pengumuman dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) nomor 073/B/LL/2017 tentang kuota PPG tahun 2017 dan nomor  084/B2.2/MI/2017 tentang penerimaan peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) SM-3T Angkatan V Tahun 2017, menjadi satu kepastian bagi mereka untuk melanjutkan proses menjadi guru profesional.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti menetapkan kuota PPG Pra jabatan (PPG SM-3T) Angkatan V tahun 2017 untuk Perguruan Tinggi Penyelenggara PPG sebanyak 3017 (tiga ribu tujuh belas) mahasiswa. Adapun Perguruan Tinggi Penyelenggara PPG yang ditunjuk beserta kuota plotting masing-masing adalah sebagai berikut :

– Universitas Syiah Kuala (85)
– Universitas Negeri Medan (250)
– Universitas Negeri Padang (208)
– Universitas Negeri Jakarta (242)
– Universitas Sebelas Maret (79)
– Universitas Pendidikan Indonesia (246)
– Universitas Negeri Yogyakarta (374)
– Universitas Sanata Dharma (74)
– Universitas Negeri Semarang (311)
– Universitas Negeri Malang (223)
– Universitas Muhammadiyah Malang (67)
– Universitas Bengkulu (32)
– Universitas Riau (43)
– Universitas PGRI Semarang (33)
– Universitas Negeri Surabaya (188)
– Universitas Pendidikan Ganesha (110)
– Universitas Mulawarman (42)
– Universitas Tanjungpura (34)
– Universitas Negeri Makasar (200)
– Universitas Negeri Manado (38)
– Universitas Negeri Gorontalo (31)
– Universitas Nusa Cendana (72)
– Universitas Islam Nusantara (35)

Hasil Ploting peserta yang disampaikan dalam bentuk daftar nama peserta dan lokasi PPG SM3T Angkatan V pada masing-masing LPTK penyelenggara dilampirkan dalam surat pengumuman Kemenristek Dikti nomor Nomor: 084/B2.2/MI/2017. Ketentuannya, para peserta PPG SM3T yang namanya tertera dalam daftar tersebut diarahkan untuk melakukan registrasi online pada tanggal 1 sampai dengan 5 Februari 2017 melalui halaman web http://seleksi.dikti.go.id/sm-3t dengan cara login menggunakan akun pada saat pendaftaran program SM-3T dulu. Bagi peserta yang lupa password loginnya, tidak menjadi masalah. Pengembalian akun dapat dilakukan hanya dengan mengisikan tanggal lahir saja, yang selanjutnya diproses oleh admin dengan cepat.

Setelah melakukan registrasi online, peserta diharuskan untuk segera lapor diri kepada pengelola PPG SM3T di LPTK terkait. Adapun waktu untuk lapor diri dapat dimulai pada tanggal 6 sampai dengan 8 Februari 2017.

Pengumuman penerimaan peserta PPG SM-3T tahun 2017 ini baru tersebar di grup Whatsapp kami yang mendapat ploting di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada tanggal 2 Februari. Keluarnya pengumuman dengan ketidaksiapan situs registrasi online menjadikan kami panik. Bagaimana tidak, di situs resmi sudah mengumumkan kuota dan ploting, serta tanggal pendaftaran yang katanya sudah bisa dilakukan pada tanggal 1. Sementara, pada tanggal 2 kami melakukan login di situs seleksi dikti masih belum menampilkan link registrasi PPG. Ratusan notifikasi terus memenuhi aplikasi android kami, terus mengalir bagaikan air menyusuri anak sungai. Puncak kepanikan kami terjawab setelah malam harinya dan tanggal 3 dini hari situs registrasi sudah bisa diakses. Bersyukur kami bisa segera melakukan registrasi online dan menunggu tanggal lapor diri sambil mempersiapkan berkas yang harus disetorkan seperti :
– Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
– Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) asli
– Surat Keterangan Sehat asli
– Pakta Integritas dan Surat Izin Orang Tua
– Biodata Peserta

Diantara nikmat-nikmat salah satunya adalah sebuah penantian yang berujung pada satu kepastian. Ya, kepastian yang dijanjikan setelah sekian lama menempuh ujian berat laksana bahtera melintasi badai yang menerpa lautan. Hanya satu kuncinya, berpegang teguh dengan keyakinan sepenuh hati. Rencana Tuhan telah tertuliskan di dalam catatan-Nya. Seorang hamba hanya bisa beharap diberikan jalan yang terbaik. Ketika tiba saatnya kepastian itu, ikutilah dengan sepenuh hati karena itu adalah jalan yang telah dipilih dan amanah yang perlu ditepati.

Semangat, peserta PPG SM3T tahun 2017!

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz